Cara Compliane Test UBNT Pada Versi AC

Duniakomputer.Net Update : Sudah lama UBNT mengeluarkan produk yang mengusung IEEE 802.11ac sebagai standarisasi wireless generasi kelima yang memiliki kecepatan tiga kali lebih tinggi dari versi sebelumnya (802.11n). 802.11ac ini sering disebut-sebut juga sebagai ‘Gigabit Wifi’. Pada wireless AC ini dapat menggunakan channel width sampai dengan 80 MHz.
Pada produk UBNT AC disematkan firmware dengan Kode XC dan WA, firmware ini memiliki antar muka yang jauh berbeda dengan produk produk UBNT sebelumnya.

Seperti pada firmware terbaru UBNT, pada firmware ini juga tidak mencantumkan Compliance Test(CT) pada pilihan negaranya, oleh karena itu banyak forum yang membahas masalah ini, bahkan sampai ada yang memodifikasi firmwarenya.
Kali ini akan dibahas terbatas pada firmware kode XC saja, karena saya belum pernah mencoba perangkat yang menggunakan firmware kode WA.
Sebenarnya caranya tidak jauh beda dengan Compliance Test (CT) pada kode atau versi XW maupun XM, cuman ada beberapa bagian yang dibuang dan dirubah.
berikut caranya :
1.    Saran saja, lebih baik gunakan firmware XC 7.2 ke atas, kalo masih dibawahnya ya silahkan upgrade dulu namun biasanya perangkat baru seperti LiteAp menggunakan firmware versi 8.4 maka downgrade terlebih dahulu, karena berdasarkan pengalaman, untuk firmware 7.2 keatas akan menghasilkan channel list yang lebih banyak (stepnya +5) dibandingkan dengan firmware dibawahnya (stepnya +10). Namun pengalaman pada versi 8.4 tidak bisa buat CT maka downgrade ke versi 8.0 atau 7.2 tetapi jangan langsung downgarde ke versi yang 8.0 atau 7.2 karena tidak bisa tetapi downgrade satu tingat satu tingkat dari 8.4. ke 8.3 dan seterusnya.
   
2.      Seperti Biasa Login ssh via putty atau aplikasi remote console kesayangan anda.

3. Masih sama dengan firmware UBNT lainnya, file yang akan kita rubah adalah file  /tmp/system.cfg dan /tmp/running.cfg, Kita cek dulu kode negara dengan mengetikkan perintah:

     cat /tmp/system.cfg | grep code
          hasilnya :
radio.1.countrycode=32
radio.countrycode=32
4.  Cara merubah kode negara tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan vi editor maupun perintah sed, karena saya pemalas maka saya akan menggunakan sed saja, ketik saja pada terminal anda : 

sed -i ‘s/countrycode=32/countrycode=5000/g’ /tmp/system.cfg

dan

sed -i ‘s/countrycode=32/countrycode=5000/g’ /tmp/running.cfg
5.   Anda bisa skip langkah ini bila sudah yakin, tetapi saya lebih suka mengecek ulang, ketikan perintah dibawah ini untuk melihat apakah kode negara sudah berubah atau belum :
cat /tmp/system.cfg | grep code
 hasilnya :
radio.1.countrycode=5000
radio.countrycode=5000


Jadi sudah berubah
6.      ketik save
7.      ketik reboot
8.     Tunggu sampai perangkat nyala kembal
Hanya saja negaranya tidak berubah menjadi Complaine Test (CT) akan tetapi daftar channelnya bertambah

sekian dan silahkan berkreasi sendiri

1 thought on “Cara Compliane Test UBNT Pada Versi AC”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *