Kunci Sukses Bikin Artikel Disukai Pembaca

Artikel merupakan nyawa bagi para blogger oleh karena itu, kita harus membuat artikel yang disenangi oleh para pembaca. Dengan membuat arikel yang bagus dapat meningkatkan trafick pada blog kita sebagai blogger. sebagai blogger pemula berikut ini adalah cara sukses atau kunci sukses bikin artikel yang disukai oleh pembaca


Nilai tertinggi dari suatu karya tulis adalah kepuasan pembaca. Untuk itu mendapatkan kepuasaan pembaca adalah hal yang ingin dilakukan oleh semua penulis. Tapi apakah itu sulit? Berikut adalah beberapa tips agar pembaca menyukai karya tulis kita.
1. Percaya Diri  
Kalau kita sudah nggak yakin dengan kemampuan tulisan kita, apakah bisa kita berkreasi dengan tulisan kita? Untuk itu, hal pertama yang harus dilakukan supaya menjadi penulis (blogger) yang disukai pembaca adalah dengan menjadi percaya diri.  
2. Menulis Seperti Berbicara Kepada Seseorang   
Enakan mana, komunikasi dengan menulis atau dengan berbicara langsung? Good, enakan berbicara dong. Untuk itu ketika menulis konten usahakan menulis seperti berbicara kepada seseorang. Nah caranya sebagai berikut:   
  • Gunakan kalimat sapaan yang menarik, misalnya: sobat, mas, mbak, bro, agan atau kira-kira semacam itulah. Pokoknya intinya untuk membuat kita menjadi lebih akrab dengan pembaca. 
  • Menulis dengan gaya bahasa pembaca kita. Kenapa dengan gaya bahasa pembaca, karena kan yang utama dari sebuah blog adalah kepuasan pembaca bukan penulisnya, untuk itu kita harus menulis dengan gaya bahasa yang disukai oleh pembaca kita. Di sinilah arti pentingnya tema dan target pembaca yang kita bidik dan susun di awal pembuatan sebuah blog. 
  • Gunakan improvisasi dalam menulis. Bukan hanya berbicara yang butuh improvisasi, menulis juga butuh improviasi. Misalya ketika kita menulis buatlah artikel itu seperti kita berbicara, tentunya harus ada jeda, harus ada tanda baca yang baik dan lainnya. 
3. Gunakan Kalimat Informatif, Aktif, Sederhana dan Mudah Dipahami  
Kalimat adalah bahasa blogging, menurut Raditya Dika dan penulis-penulis terkenal lainnya, ketika kita menulis kita   harus menggunakan kalimat aktif dan sebisa mungkin mengurangi kalimat pasif. Misalnya:  “bola itu ditendangi Dani”, kita harus mengubahnya menjadi kalimat aktif menjadi “Dani menendang bola itu”. Jika tidak percaya, silakan sobat coba baca buku-buku dari penulis-penulis terkenal dan profesional, bisa kita lihat kalau mereka selalu mencoba menggunakan kalimat aktif.  Selain itu, kita harus ingat jika tidak semua pembaca yang datang ke blog kita adalah kalangan pintar dan cerdas dalam bidang yang kita bahas, misalnya: kita membahas dalam tema web developing atau pengembangan web, usahakan selalau menggunakan bahasa umum yang bisa dipahami kalangan awam agar mereka bisa memahami apa yang kita bahas. Jadi, gunakan bahasa umum yang mudah dipahami.  
4. Tambahkan Bumbu Humor Dalam Setiap Posting  
Blogger biasanya cukup dikenal karena kepiawaiaanya memberi humor, baik lewat postingannya atau lewat berbicara langsung. Namun kita nggak perlu kuatir nggak bisa membari humor atau membuat pengunjung 
tertawa terbahak-bahak, minimal buatlah pembaca kita jadi tersenyum. Soal humornya bisa kita pelajari dengan berbagai cara, misalnya banyak baca ke blog temen-temen yang punya skill humor yang baik, lalu kita aplikasikan dan coba direalisasikan di blog kita. Lama kelamaan pasti bisa.  
5. Gunakan Gaya Menulis Anda Sendiri 
Dalam blogging tidak aturan resmi yang mengatur bahwa artikel yang ditulis harus menggunakan bahasa baku dan resmi, dan bahkan Anda justru dituntut untuk bisa memiliki gaya tersendiri. Misalnya Raditya Dika dengan gaya hiperbolisnya. Tentunya pasti jadi lebih menarik jika Anda punya gaya menulis sendiri dalam kegiatan blogging. Semua terserah Anda yangpenting pembaca mengerti dan menyukai tulisan Anda.   
20   
6. Otak Kanan Dulu Baru Otak Kiri 
Yup, otak kanan harus diutamakan dalam membuat sebuah tulisan. Mengapa? Jika selalu mengutamakan otak kiri maka kita akan banyak sekali melakukan analisa dan teori mengenai apa yang kita tulis. Dan coba bayangkan jika kita sedikit cuek dan menulis seperti air yang mengalir. Setelah selesai baru kita edit seperlunya. 
Ingat : Tulis Apa Yang Ada di Kepala Kita, Apalagi Jika Idenya Udah Nggak Nahan
7. Gunakan Sudut Pandang yang Jelas  
Pembaca umumnya menyukai penulis yang selalu menggunakan sudut pandang dalam setiap tulisannya. Maksudnya ketika kita membuat karya tulis, kita harus jelas berada di pihak siapa? Misalnya Anda ada dipihak pencerita dari sebuah kejadian atau Anda merupakan tokoh utamanya dan lain sebagainya. Ingat : Jelas.  
8. Tulis Apa yang Anda Sukai dan Kuasai  
Menulis sesuatu yang tidak Anda pahami artinya sama saja “bunuh diri” maka jangan pernah ya. Namun jika sebaliknya Anda menulis yang Anda sukai (apalagi kuasai) akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Untuk itu cobalah untuk selalu menulis dari apa yang Anda sukai. Jika Anda menyukainya maka pembaca kemungkinan juga akan menyukainya.
9. Menulis Secara Efektif   
Menulis efektif sudah menjadi suatu nilai tambah bagi kita sebagai penulis. Mengapa menjadi nilai tambah? Karena yang efektif itu pasti menghasilkan yang baik. Untuk itu menulislah secara efektif pada setiap karya tulis Anda.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *