Langkah-Langkah Membuat Karya Tulis

Membuat suatu karya tulis adalah hal yang mudah jika kita mau melakukannya, tidak diperlukan banyak pengetahuan mengenai apa yang akan ditulis yang diperlukan hanyalah perasaan dan imajinasi kita saat menulis. Berikut beberapa ini beberapa langkah umum untuk membuat sebuah karya tulis, semoga bisa membantu untuk mulai menciptakan sebuah karya tulis. berikut ini adalah Langkah-Langkah Membuat Karya Tulis

jadikan indonesia  sebagai bangsa yang suka menulis dan membaca

1. Yang pertama kita harus menentukan Tema dari Karya Tulis yang kita Buat. 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat suatu karya tulis adalah dengan menentukan tema.

2. Membuat Kerangka Karangan 

Untuk mempermudah kerja kita, cara yang menarik adalah dengan membuat kerangka karangan. jadi, silahkan buat kerangka karangan mengenai apa yang ingin Sobat tulis.  

3. Mengumpulkan Informasi serta Bahan-bahan Mengenai Apa yang Akan kita Tulis 

Setelah tersusun kerangka karangannya, tugas kita adalah mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk bisa membuat suatu karya tulis. Kumpulkan semua bahan, lalu segera masuk ke tahap utama, yaitu menulis karya tulis. 

4. Mulai Menulis 

Jika semua sudah lengkap, maka silahkan Sobat mulai menulis. Menulisnya tidak perlu buru-buru dan jangan takut salah. Pada proses ini Sobat bisa menulis apa yang ada di pikiran Sobat sekalian. Jadi santai aja mas broo..

5. Editing  

Ini adalah tahap setelah proses penulisan. Proses editing harus dilakukan setelah tulisan draft kita selesai. Tahap ini kita akan mencermati mengenai tulisan kita. Apakah sudah baik ejaannya, kalimatnya sudah baik dan lain sebagainya. Silahkan edit sebaik mungkin agar karya yang dihasilkan bisa memuaskan, Selain itu dalam mengedit suatu karya tulis kita harus menilainya dari sudut pandang pembaca.

6. Publish / Terbitkan

Ini adalah tahap terakhir. Jika sudah dirasa cukup baik dan menarik silahkan Anda publish karya Anda. Untuk publishnya bisa melalui banyak cara, misalnya lewat blog atau dipajang di majalah dinding dan lainnya.  Kiranya begitulah proses menghasilkan sebuah karya tulis. Tentunya tidak harus sama persis karena setiap orang punya kebiasaan dan gaya masing-masing. Enjoy…

Antusias dalam Membuat Karya Tulis
antusiasnya oarang ini nulisa

Pendukung Dalam Menulis Karya Tulis  

Dalam menulis kita memerlukan sebuah skill dan ide, skill dan ide dalam membuat suatu karya tulis merupakan hal yang sangat mudah hilang, jika kita tidak merawatnya. Untuk merawatnya sangatlah mudah, mau tau caranya?, nih ane kasih beberapa cara dari sekian banyaknya cara.langsung saja .,,,,, …. cekidot  … 

>>Rajin MEMBACA dan MENULIS 

Yups, dengan membaca bukan cuma menambah pengetahuan. Membaca juga bisa meningkatkan skill menulis kita lho. 
Contoh 

Seorang yang suka dan sering makan kue pasti pernah bertanya, “hmm.. gimana cara bikin kue enak gini?”. Dari pertanyaan itu dia mulai mencari jawaban, hingga akhirnya tertarik untuk mencoba membuat kue. 

Dari contoh itu, kita bisa pahami jika kita rajin membaca maka pasti kita akan tertarik untuk membuat karya tulis. Selain itu rajin membaca juga akan menambah kosa kata. Jadi bahasa yang kita gunakan dalam menulis sesuatu atau berkomunikasi juga pasti akan bertambah dan pastinya kualitas komunikasi yang dihasilkan juga akan lebih baiik.  
        
          Rumus

Banyak Membaca = Banyak Ide = Banyak Menulis   

>>Berdiskusi Dengan Orang Lain 

Bebicara ke orang lain itu membutuhkan pengelolaan kalimat yang baik lho. Tak hanya itu, berdiskusi/berbicara ke orang lain juga membutuhkan analisa dan skill membaca sudut pandang yang baik. Denga rajin berdiskusi akan meningkatkan kemampuan analisa kita terhadap suatu sudut pandang sehingga kemampuan kita dalam menulis akan meningkat. Dan satu lagi, diskusi juga bisa menghasilkan ide untuk menulis lho. 

>>Liburan 

Siapa sih yang nggak suka liburan? Taukah Anda jika liburan juga  bisa mendukung kreativitas kita untuk menghasilkan sebuah karya tulis. Misalnya ketika SD dulu, saat guru memberi tugas membuat karangan pasti banyak  sekali anak-anak  yang mengambil tema tentang liburan. Oke, jadi setiap Anda liburan jangan lupa untuk membawa notebook atau sekedar kertas dan pena. Silahkan Anda menikmati asyiknya liburan dan siapa tau ada ide atau kreativitas yang datang . 

>>Mengamati Peristiwa 

Setiap hari pastinya banyak kejadian dan peristiwa yang kita alami. Sedikit saja kita coba untuk lebih detail dan menerung sejenak dari peristiwa yang kita lihat atau alami. Mengamati berarti ‘mencerna’ dengan pikiran, bukan hanya melihat lalu melupakannya. Sedikit fokus dan berpikir, itu berdampak terhadap kemampuan kita untuk mengembangkannya dalam bentuk tulisan yang jelas dan mendalam. Apapun peritiwanya, kalau memang kita mengalami atau melihatsendiri, mendokumentasikannya dalam bentuk tulisan akan lebih mudah. Itu pasti.

>>Rajin Berimajinasi 

Buat para penulis fiksi imajinasi hukumnya WAJIB. Tanpa imajinasi suatu karya fiksi pasti nggak bakal jadi. Meskipun begitu, bukan berarti penulis non fiksi tidak butuh imajinasi. Semua orang pasti suka jika diajak berimajinasi. Untuk itu rajinlah berimajinasi dan saat berimajinasi jangan lupa ditulis hal pentingnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *