local Web Server Menggunakan XAmpp

Kali ini kita akan mencoba membahas langkah-langkah membuat local web server dengan menggunakan XAmpp. XAmpp sendiri merupakan program paga (paket gratis) yang terdiri dari Apache web server, PHP untuk web programming dan MySQL untuk web database.
Saya biasa menggunakan program ini untuk membuat web/blog instant di localhost sebelum di upload ke online web hosting atau sekedar utak-atik template untuk optimalisasi iklan Google Adsense :D.
Dengan menggunakan program ini, maka dengan sekali install temen2 bisa langsung menikmati web server di komputer sendiri dengan sangat mudah.
Sebelum install, tentu butuh programnya yak…? Silakan download programnya dari sini.
Setelah program didapatkan, install seperti biasa… pake default install saja, gak perlu di utak-atik. Next…Next dan Next sampai Finish.. :D


Secara default, program akan diinstall di c:xampp

Setelah selesai, buka XAmpp Control Panel kemudian start Apache dan MySQL.

Kemudian buka web browser temen2 kemudian ketikkan http://localhost pada kolom web address, maka akan nampak seperti berikut:

Defaultnya, http://localhost mengambil folder c:xampphtdocs untuk ditampilkan.
Untuk mendapatkan tampilan seperti explorer, dari windows explorer buka folder c:xampphtdocs kemudian hapus file index.html dan index.php. Refresh web browser, maka akan nampak tampilan seperti ini:

Jika temen2 ingin mengganti folder default web (C:xampphtdocs) ke folder lain, misalnya (D:web), dari windows explorer buka folder C:xamppapacheconf kemudian akan nampak list file dan folder seperti ini:

 Buka file httpd.conf pakai notepad kemudian ubah setting DocumentRoot. Terdapat 2 perubahan seperti berikut:

Untuk mendapatkan hasilnya, stop Apache dan MySQL pada XAmpp Control Panel kemudian start lagi. Refresh web browser dan temen2 akan mendapatkan hasilnya…
Untuk bermain-main dengan MySQL, buka alamat http://localhost/phpmyadmin dari web browser temen2. Default database username: root, passwordnya dikosongkan dan
server: localhost

Baik seperti itu dulu, insyaAllah tutorial selanjutnya adalah install WordPress atau CMS lain di localhost.
Download tutorial XAmpp dalam bentuk office document dari sini
Entri ini dituliskan pada Oktober 6, 2008 pada 2:40 pm dan disimpan dalam Information Technology. Bertanda: tutorial, komputer, apache, localhost, web design, php, mysql, web server, xampp, website. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan atas artikel ini melalui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *