Tiga Kiprah Sejarah Pemuda Indonesia

KAUM pemuda sangat memegang peran kendali penting dalam setiap perjalanan sejarah bangsa. Tercatat dalam sejarah panjang bangsa Indonesia, dari proses kebangkitan sampai terwujudnya kemerdekaan negara, semua dicapai atas prakarsa para pemuda. Pembaharuan kehidupan berbangsa melalui aksi berani dan rasional juga dipelopori oleh pemuda. Perjalanan sejarah bangsa terkait dengan kiprah pemuda yang mewarnai berbagai aspek kehidupan.
Kiprah pemuda yang sudah  tercatat dalam lembaran sejarah bangsa, telah menjadi kenangan abadi yang terpatri dalam lubuk sanubari setiap pemuda harapan bangsa. Perbedaan latar belakang suku, agama, budaya, adat, istiadat, tidak mengurungkan semangat dari segenap unsur pemuda untuk bersatu. Para pemuda telah berikrar dan bersumpah bersama demi memajukan kehidupan berbangsa, berbahasa dan bertanah air satu, Indonesia.
1. MENYATUKAN BANGSA INDONESIA
  • Bayangkan begitu banyak dan beragamnya kekayaan berbagai suku bangsa di seluruh pelosok daerah Indonesia. Beragam perbedaan ini telah disatukan dalam kiprah semangat, semboyan bangsa, Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu juga.
2. MEMADUKAN BAHASA INDONESIA
  • Setiap suku bangsa memiliki budaya dan bahasa yang berbeda dalam komunitasnya masing-masing. Demi kemajuan bangsa, semua perbedaan tersebut dipadukan dalam satu pemahaman bahasa Indonesia, sehingga komunikasi antar kelompok suku dan budaya tetap terjalin dengan harmonis.
3. MENJAGA TANAH AIR INDONESIA
  • Kondisi geografis dan topografis daerah kepulauan Indonesia, memang sangat rawan dengan berbagai persoalan keamanan dan pertahanan negara. Kekayaaan sumber daya alam mesti dijaga bersama dari rongrongan explorasi berlebihan dan sabotase sepihak dari pihak asing. Sesuai amanah undang-undang dasar, semua kekayaan alam harus dilindungi dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan bersama rakyat.
Mengenang kembali kiprah hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober, ternyata momentum inipun dijadikan tonggak sejarah dalam perkembangan teknologi informasi global. Para pemuda kini yang tengah gandrung dalam dunia teknologi informasi, internet, khususnya para blogger, memperingati hari Blogger Nasional yang telah ditetapkan setiap tanggal 27 Oktober. Selamat bagi para sahabat blogger. Selamat buat para sobat pemuda nasional. Semoga semua kiprah dalam rintisan sejarah perjuangan pemuda bangsa dan kini mengisi kemerdekaan dalam kancah informasi global bisa memberikan kemajuan bagi bangsa Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *