Tutorial Cara Upgrade dan Downgrade RouterOS

Sebenarnya semua RouterOS mempunyai fitur dan fungsi yang sama di setiap versinya. Namun MikroTik terus menambah fitur baru untuk meningkatkan kinerja serta stabilitas dengan merilis update versi terbaru. Untuk setiap penambahan atau perbaikan dalam setiap versi routerOS, mikroTik selalu menyertakan changelog. Contoh changelog pada setiap versi routerOS bisa dilihat pada saat ingin melakukan download versi terbaru untuk melihat changelog setiap versi klik disini.
Dengan melakukan Upgrade atau Downgrade versi RouterOS merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi pengguna Mikrotik. dikarenakan sudah biasa dengan versi lama atau juga menginginkan versi terbaru. Dengan meng-upgrade versi RouterOS maka Mikrotik anda akan mendapatkan fitur-fitur baru juga.

Walaupun kegiatan ini bukanlah sebuah aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengguna RouterOS MikroTik, namun adakalanya menjadi sebuah hal yang penting ketika dibutuhkan.

oke lanjut ke langkah langkah untuk upgrade dan downgarde, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah download terlebih dahulu modul routerOS. Kita bisa mendapatkan modul tersebut pada website berikut mikroTik.com/download atau routerOS.co.id dan Yang perlu diperhatikan saat download adalah modul RouterOS harus sesuai dengan arsitektur processor dari hardware routerboard tersebut. Ada beberapa pilihan arsitektur, ada Mipsbe, Mipsle, powerpc, x86 dan Tile. Arsitektur pada hardware dapat dilihat pada bagian atas saat kita melakukan remote via Winbox.

1. Buka halaman Download Mikrotik : http://mikrotik.com/download
2. Pilih tipe RouterOS yang sesuai dengan RouterBoard anda.

3. Download file upgrade package untuk versi RouterOS nya

6. Buka folder yang berisi file download di Windows Explorer, klik kanan file .npk nya –> Copy
5. Buka Winbox, masuk ke menu Files –> klik icon Paste untuk meng-upload file .npk nya.
 6. Kalo proses upload nya sudah selesai reboot Mikrotik nya, System –> Reboot. Maka paket update itu akan terinstall secara otomatis saat Mikrotik booting.

7. Untuk mengecek apakah RouterOS Mikrotik nya sudah ter-update buka menu System –> Resources.

itulah cara Upgrade untuk cara Downgrade silahkan ikuti langkah langkahnya sama sepeti diatas namun ada perbedaan sedikit atau ikuti tutorial saya dibawah ini.
untuk melakukan downgrade cukup mudah. Seperti halnya proses upgrade, langkah yang pertama download terlebih dahulu modul RouterOS versi terdahulu yang diinginkan.
Setelah proses download selesai, “Copy & Paste” modul ke dalam router menggunakan Winbox taruh di file.
dan selanjutnya, buka menu system -> packages maka akan muncul package list seperti pada gambar berikut ini :
Klik tombol Downgrade, lalu akan muncul kotak dialog tekan tobol “yes” untuk melakukan perintah reboot. Setelah itu Router akan menyala kembali, jreeeng apa yang terjadi routerOs anda berhasil di downgrade dan sudah menggunakan versi RouterOS yang diinginkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *